Kamis, 19 November 2015

Sekolah Tinggi Pariwisata terHitz di Yogyakarta

Sejarah Berdirinya STiPRAM, Akademi Pariwisata Ambarrukmo disingkat AkPrAm adalah perguruan tinggi swasta di bawah naungan Yayasan Ambarrukmo yang berdiri tanggal 13 September 2001. Namun terhitung sejak tanggal 5 Agustus 2008, statusnya sudah berubah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo disingkat STiPrAm. Yayasan Ambarrukmo sendiri adalah lembaga sosial bidang kependidikan yang dimiliki PT.Hotel Indonesia Natour (Inna Hotel Group), sebuah BUMN yang mengelola 15 hotel bertaraf internasional, sehingga suatu jaminan kualitas baik SDM, Materi Pengajaran, yang up to date sesuai perkembangan perhotelan dan pariwisata global. STiPrAm memiliki 2 program studi, yaitu Hospitality (S1) dan Perhotelan (D3).

Hospitality : Suatu kegiatan pelayanan dalam menunjang industri jasa, khususnya kegiatan ilmu kepariwisataan. Kegiatan ilmu kepariwisataan mencakup keilmuan untuk industri jasa hotel, perbankan, rumah sakit, pegawai negeri, perjalanan termasuk air line, cruise dan overland, yang intinya adalah pelayanan sebagai Host (tuan rumah), masalah science of service dan science of courtesy menjadi pilar utama dalam menyelesaikan setiap pekerjaan (Job Requirment Standard). Dekade sekarang dan kedepan, hal diatas menjadi nilai kompetitif dan kompetensi bagi Sumber Daya Manusia yang diminta dan dibutuhkan.

Visi dan Misi
Visi : Turut mencerdaskan Anak bangsa yang memiliki nilai-nilai kompetensi, profesional dan mandiri yang berbasis pada sistem informasi.
Misi : Memposisikan output pada kemampuan entrepreneurship. Mengabdikan ilmu untuk pengembangan pariwisata nasional. Membiasakan berpikir intelektual dan betindak professional dengan ilmu pengetahuan teknologi dan kesenian (IPTEKS) untuk menjawab berbagai permasalahan yang bertaraf lokal, nasional, regional dan internasional.

PROGRAM STUDY DIPLOMA 3 PERHOTELAN
Jenjang Diploma-3, sebagai jalur vokasi yang tepat dan maksimal, sesuai Standar Internasional diselesaikan cukup dengan 6 (enam) semester saja, dengan formulasi 30% teori (senilai 120 SKS) dan praktek (Job Orientasi) sebesar 70 %, merupakan andalan dan dipercaya dapat melakukan operasional secara profesional sebagai entrepreneurship yang handal dan disiapkan sebagai operator profesional dan Manager Madya.

PROGRAM STUDY STRATA 1 HOSPITALITY
Jenjang Strata-1, sebagai jalur Science (keilmuan) jelas berbeda dengan jenjang Diploma, ditempuh selama 8 semester untuk mendapatkan gelar Kesarjanaan Pariwisata (S.Par). Keilmuan Hospitality lebih disiapkan sebagai seorang manager, penganalisa, sekaligus planner, dan motivator dibidang Public Service khususnya yang berkaitan dengan kepariwisataan dengan bekal science pariwisata yang mantap. Satu-satunya di Indonesia telah terakreditasi B.

Kenapa Harus Pilih STiPRAM ??
- Kuliah tepat waktu D3 cukup 2,8 tahun dan S1 hanya 3,8 tahun
- Biaya termurah
- Kuliah sambil kerja
- Semester ke-2 sudah magang kerja
Dapat honor semester ke-4 sudah bekerja dapat gaji baik di dalam maupun di luar negeri
- Akses untuk PNS terbuka lebar
- Di Indonesia baru 4 (empat) 
Perguruan Tinggi Pariwisata yang memiliki Ijin Resmi untuk S1 (Strata satu)
- Milik Inna Hotel Group dengan Jaringan Hotel Internasional
- Program D3 terakreditasi A Program S1 (Pertama di Indonesia) Terakreditasi B.
- Tersedia banyak macam beasiswa, termasuk Beasiswa Unggulan
- Tersedia Asrama Mahasiswa
- Terfasilitasi JOINT DEGREE 
(Satu kali kuliah dapat 2 Ijazah, dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri)

Kerjasama
Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri , khususnya di bidang kepariwisataan selalu ditingkatkan. Dalam negeri tergabung dalam asosiasi Hildiktipari (memperluas lembaga pendidikan tinggi pariwisata Indonesia) secara aktif di luar negeri, selalu ditingkatkandengan Workshop dan seminar Internasional.
Dengan Burapha University di Bangkok Thailand dan Nilai University di Kuala Lumpur Malaysia telah meningkat menjadi kerjasama Joint Degree (satu kali kuliah mendapatkan 2 Ijazah) setara Internasional adapula peringkatan untuk pendidikan profesi khusus Culinarry (chef-profesi), telah dinina bersama Asean Culinarry Academy di Kuala Lumpur Malaysia.

Kerja Praktek di luar negeri maupun casual, network kita di Singapura, Malaysia, Belanda, Uni Emirat Arab, UK (Inggris) atau USA (Amerika) sudah merupakan salah satu sasaran pengalaman kerja yang terarah, termasuk profesi di kapal pesiar dunia.
Di dalam negeri dengan ditunjang olh 13 Unit Hotel PT. HIN, juga Accor Group, Choice, Hyatt, Sheraton, Haris Group dan sebagainya yang merupakan unit industri untuk mengasah experience knowladge maupun soft skill mahasiswa. Belum lagi banyak Hotel, Restoran.

Tentunya pula dengan pemerintah, telah dijalin kerjasama penyediaan SDM berkualitas untuk di manfaatkan pegawai negeri (PNS). Apalagi kebutuhan S-1 Pariwisata sebagaiStandart Recruitment ke depan sangat di perlukan, untuk mengisi semua lini dinas pemerintah (PNS)


FASILITAS : Gedung yang memadai, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Lab. Kitchen and Pastry, Lab. Houskeeping, Front Office, STiPrAm E-Learning Library, Digital Library dan Ruang Perpustakaan yang nyaman.
Lokasi Kampus STiPRAM Jln.Laksda Adisucipto Km.5 Yogyakarta 55281 Indonesia Telp: (0274)485650, 7487497 Fax: (0274)485214
E-mail: stipram@yahoo.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar